Monday, April 3

Tips Melamar Ke Media Massa

Setiap orang tentu berharap bahwa surat lamarannya dijawab. Kemudian dipanggil tes dan lulus. Namun sebelum itu ada beberapa hal harus ditempuh mulai dari menyusun daftar riwayah hidup sampai dengan menyusun kata-kata pengantar yang memukau staf personalia.

Saya yakin banyak sekali kiat Anda namun berdasarkan pengalaman dan beberapa tips yang dapat dibaca di berbagai media ada beberapa hal perlu diperhatikan.

1. Daftar riwayat hidup Anda adalah “wajah” Anda pertama kali ketika bersentuhan dengan sebuah lembaga lain. Oleh sebab itu Anda sebisa mungkin tampil dengan prima. Seperti Anda tampil dengan jas dan dasi kalau sudah tahap wawancara menentukan, maka surat lamaran dan daftar keahlian Anda sebaiknya disusun dengan rapi. Sekarang banyak sekali cara menyusun daftar riwayat hidup baik yang sudah dibuat di dalam buku atau di dunia internet.

2. Penampilan prima dengan susunan yang rapih merupakan langkah pertama namun perlu Anda isi dengan data yang benar dan terlihat profesional. Artinya, ketika tampil pertama kali dalam surat Anda sebaiknya juga mencantumkan seluruh kemampuan yang Anda miliki, latar belakang pendidikan serta latihan juga berbagai karya tulis dan seminar yang relevan denga tujuan lembaga yang Anda inginkan. Jangan masukkan kegiatan olahraga jika Anda melamar menjadi wartawan bidang politik misalnya. Juga tidak perlu dicantumkan seminar Orde Baru kalau Anda menginginkan posisi di majalah teknologi. Mungkin seminar internet lebih relevan untuk keperluan itu.

3. Kalau membuat surat lamaran dan CV jangan sekali kali dilipat seperti surat biasa. Setelah Anda cetak rapih dengan laser printer misalnya, simpan di amplop A4 dan lem dengan baik. Jangan sampai amplop itu terlipat dan lusuh. Sampai Anda poskan atau serahkan ke alamat yang dituju, jaga kebersihan. Jika perlu kirim dengan pos tercatat supaya tidak hilang. Percumah saja menulis dan mencetak rapih kalau di jalan hilang.

Masih ada beberapa hal lagi jika Anda ingin sukses dalam melamar ke media massa. Mungkin diantara Anda masih bisa menambahkan daftar panjang agar semakin banyak orang sukses.

[sumber: journalist adventure]